#
you're reading...
Kesehatan

Menghilangkan Kebiasaan Buruk – 5 Langkah Sederhana untuk Mengubah Kebiasaan Buruk

“Kebiasaan baik sulit untuk dilakukan tapi membuat mudah hidup kita” dan “Kebiasaan buruk mudah untuk dilakukan tetapi membuat sulit hidup kita”, menurut Brian Tracey, seorang motivator terkenal. anda mungkin menyadari bahwa untuk berhasil mengelola kebiasaan, melanggar kebiasaan buruk mungkin diperlukan untuk mengembangkan kebiasaan (baik) yang baru.

Menghilangkan kebiasaan buruk memakan waktu setidaknya 21 hari. Tentu saja, dalam kasus-kasus sulit, dapat memakan waktu selama bertahun-tahun. Berikut ini adalah contoh dari proses bagaimana mengubah kebiasaan yang tidak sehat menjadi kebiasaan sehat. Misalkan anda telah memutuskan bahwa kopi tidak baik untuk anda dan sekarang, anda minum kopi dengan gula sehari-harinya. Kebiasaan baru yang anda ingin jalani kemudian ini adalah cobalah untuk minum teh herbal tanpa gula.

Pada awalnya, mungkin sangat berat untuk mematahkan kebiasaan buruk minum kopi. Anda harus menggunakan disiplin diri selama beberapa minggu pertama, tetapi secara bertahap akan lebih mudah. Setelah anda mampu untuk mengubah kebiasaan lama ke yang baru, Itu akan mengubah diri anda dengan baik. Kebiasaan yang luar biasa karena mereka tidak memerlukan pola berpikir. Anda hanya “melakukannya” selama bertahun-tahun sampai anda menemukan diri anda mengubah kebiasaan itu lagi.

Berikut adalah 5 langkah mudah untuk mengubah kebiasaan:
1. Kesadaran: Anda harus menyadari kebiasaan anda. Apakah sebenarnya kebiasaan ini? Bagaimana kebiasaan buruk tersebut mempengaruhi anda? Bagaimana kebiasaan ini mempengaruhi orang lain? Misalnya, merokok seringkali memiliki efek negatif pada orang lain serta pada diri anda sendiri.

2. Ingin berubah: Sebagai seseorang yang mempunyai masalah kesehatan, anda harus memutuskan mana kebiasaan yg baik dan mana kebiasaan yg buruk. Anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa perubahan dalam kebiasaan itu bernilai usaha yang terlibat.

3. Komitmen: Anda harus bertekad untuk melakukan apa pun untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut sehingga anda dapat lebih mengontrol hidup anda. Anda membuat keputusan “tidak peduli apa”, anda akan mengubah kebiasaan itu. Anda membutuhkan pekerjaan yang diperlukan untuk berhenti. Berikut adalah beberapa contoh dari kebiasaan anda yg mungkin ingin anda ubah: Merokok, makan terlalu banyak, makan makanan olahan, jarang berolahraga, minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein di dalamnya, makan terlalu banyak gula atau lemak, minum alkohol, menunda-nunda pekerjaan, dll.

4. Aksi Konsisten: Sangat penting untuk fokus pada hanya satu kebiasaan untuk berubah. Lalu mengambil tindakan konsisten setiap hari untuk melanggar kebiasaan buruk yang telah menyebabkan masalah dan mengambil tindakan untuk mengembangkan yang baru. Saya sarankan melakukan proses satu per satu dalam satu waktu daripada mencoba melakukan semuanya sekaligus. Kadang-kadang mengubah kebiasaan dapat dilakukan secara mudah seperti merokok dan kadang-kadang bekerja lebih baik untuk membuat perubahan secara bertahap.

Pastikan untuk memberikan diri anda sugesti positif sesering mungkin untuk mengambil tindakan kecil menuju perubahan kebiasaan buruk. Terus menerus, hari demi hari melakukannya merupakan tindakan sangat penting. Ini BUKAN tentang tindakan sekali,dua kali langkah. Ini tentang menjadi konsistensi setiap hari.

5. Ketekunan: Akan ada saat ketika anda mempertanyakan apakah itu semua sia-sia. Anda akan mengatakan kepada diri sendiri bahwa melanggar kebiasaan buruk terlalu sulit; bahwa anda terlalu “lemah” untuk berubah. Anda yg dulu, sering hidup begitu nyaman dengan kebiasaan buruk, sedang mencoba untuk bertahan. hilangkan pola lama anda, mungkin memerlukan meditasi dan doa.

Visualisasikan secara teratur penghargaan untuk melakukan tindak lanjut dan biaya tidak menindaklanjuti mengubah kebiasaan buruk dan terutama nilai untuk masa depan anda dalam membangun kebiasaan yang lebih baik.

Dapatkan dukungan dari orang lain, terutama orang lain yang ingin membuat perubahan dalam hidup mereka dan mencontoh kepada orang-orang yang telah berhasil dalam menghilangkan kebiasaan buruk. Menegaskan bahwa, tidak peduli apa, anda tidak akan tersesat ke pola lama anda, kebiasaan buruk itu lagi.

Sekarang, anda mempunyai proses 5-langkah untuk menghilangkan kebiasaan buruk atau kondisi lain yang memerlukan perubahan. Jika anda memiliki kecanduan sesuatu seperti alkohol, langkah-langkah ini saja mungkin tidak cukup. Anda mungkin memerlukan bantuan profesional tambahan atau kelompok pendukung, tetapi untuk kebanyakan kasus proses 5-langkah tersebut akan sangat membantu!

Article Source

Advertisements

About zuluomega

Novice in Blogging

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2012
M T W T F S S
    Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 8 other followers

Visitor’s Flags

free counters
%d bloggers like this: